Gempa 8,8 SR Tewaskan 300 Orang

Gempa yang berkekuatan sangat besar 8,8 skala richter yang mengguncang Chile memakan korban sekitar 300 orang. Gempa di Chile disebut sebagai salah satu gempa yang berkekuatan paling besar sepanjang sejarah manusia di bumi.


Presiden Michelle Bachelet mengatakan dua juta orang terkena dampak gempa berkekuatan 8,8 pada skala Richter tersebut. Dalam pidato di televisi presiden mengatakan bencana alam ini menjadi cobaan bagi bangsa Cile.

"Kekuatan alam kembali menguji kemampuan kita untuk mengatasi cobaan ini. Kita akan berupaya sekuat tenaga memulihkan semua layanan penting di negara ini. Namun masih banyak hal yang harus dilakukan," kata Presiden Bachelet seperti dikutip BBC London, Minggu, 28 Februari 2010.

Presiden menyatakan enam kawasan di Chile sebagai bencana nasional.

Letak Chile di pertemuan lempeng Pasifik dan Amerika Selatan menyebabkan negara tersebut menjadi rawan gempa.

Gempa terjadi pada pukul 06.34 GMT sekitar 115 km di timur laut kota Concepcion dan 325 km di barat daya ibukota Santiago dengan kedalaman 35 km.

Jalan dan bangunan di banyak kawasan rusak, termasuk salah satu pabrik kimia di ibukota mengalami kebakaran. Listrik, air, dan telepon putus.

Tsunami

Tsunami yang dipicu gempa terjadi di gugusan Pulau Juan Fernandez di lepas pantai Chile dan beberapa laporan menyebabkan tsunami ini menyebabkan lima orang tewas dan beberapa orang lainnya hilang.

Diperkirakan tsunami akan terjadi di Pasifik dan pemerintah Jepang telah mengeluarkan peringatan bisa terjadi gelombang setinggi tiga meter atau lebih di Pulau Honshu.

Wartawan BBC di Tokyo Roland Buerk mengatakan sejauh ini tidak terjadi gelombang tinggi namun para pejabat tetap meminta warga untuk waspada.

Palang pintu besi ditempatkan di berbagai pelabuhan dan beberapa stasiun kereta di daerah pantai ditutup.

Tsunami di Jepang akibat gempa bumi di Chile pada tahun 1960 menewaskan tak kurang dari 140 orang.

Gelombang tinggi dilaporkan telah terjadi di Polinesia Prancis, Tonga, dan Hawai. Peringatan tsunami di Hawai telah dicabut setelah gelombang setinggi 1 meter tidak menyebabkan kerusakan berarti.

Di Washington Presiden Barack Obama mengatakan pemerintah Amerika Serikat siap membantu bila pemerintah Chile membutuhkan. • VIVAnews


 
Informasi-Informasi Saja Copyright © 2009 - 2013, Designed by Bie Themes