Capello: Rooney Seperti Raul

Manajer Fabio Capello menyebut Wayne Rooney sangat penting buat tim nasional Inggris. Seperti Raul Gonzalez di Real Madrid, tim yang juga pernah dilatih Capello.

Striker Manchester United itu kini telah pulih dari cedera paha yang memaksanya harus absen sampai laga terakhir Premier League, Minggu 9 Mei 2010. Tapi, Capello mengaku tak khawatir dengan kebugaran Rooney di Piala Dunia 2010 yang akan digelar bulan depan.

Don Fabio menyebut arti penting Rooney sebagai harapan Inggris di Afrika Selatan nanti. Sampai-sampai Capello membandingkan pemain 24 tahun ini dengan mantan striker Spanyol dan ikon Real Madrid itu.

Meski Raul (32 tahun) nyaris beda generasi dengan Rooney, Capello tahu persis pentingnya Pangeran Bernabeu itu ketika dua kali melatih Madrid pada musim 1996/1997 dan 2006/2007.

"Wayne Rooney salah satu bakat hebat yang pernah saya latih. Ia seperti Raul, pemain penting dengan bakat hebat," kata Fabio Capello.

"Tiap kali latihan, Rooney berlatih dan belajar serta ingin bertahan selama mungkin di lapangan. Ini sangat penting buat pemain lain mengikuti Rooney. Salah satu pemain terbaik dunia yang berlama-lama di lapangan untuk terus belajar," lanjut Capello.

Tekanan Keras

Capello tak membantah jika ia menghadapi tekanan lebih keras dibanding saat melatih klub di Real, AC Milan dan Juventus. "Tentu saja, sangat beda melatih tim nasional dan klub."

"Tekanan lebih besar sebagai manajer Inggris. Negara berharap banyak dan fans sangat yakin kepada tim ini. Bersama manajer klub, Anda bisa bersama-sama pemain tiap hari. Anda bisa melatih, mengembangkan dan mempelajari permainan secara rutin. Sebagai manajer Inggris, persiapan yang sudah saya susun matang bisa berantakan karena cedera," ucap Capello.

Capello menyebut meski persiapan detail menjadi kunci, tapi faktor pemain tak bisa diabaikan. "Naluri tak bisa dipishkan, Anda harus memahami pemain," tutur Capello kepada majalah League Managers' Association's The Manager.

"Jika pemain Anda tampil bagus, itu akan mudah. Tapi jika tidak, Anda harus bereaksi dengan menggantinya serta memarahinya saat latihan. Sangat penting membuat pemain percaya diri. Anda tak harus punya naluri sebagai manajer, tapi anda butuh pengalaman untuk mendukung naluri itu," tutup Capello.vivanews


 
Informasi-Informasi Saja Copyright © 2009 - 2013, Designed by Bie Themes