NVIDIA Optimus untuk kartu grafis notebook anda

Bagi yang belum mengetahui NVIDIA Optimus adalah teknologi terbaru dari NVIDIA untuk kartu grafis yang ada di notebook. Seperti yang kita ketahui kartu grafis adalah komponen di notebook yang paling banyak membutuhkan daya baterai selain CPU. Walaupun kartu grafis sekarang semakin canggih sehingga bisa mengurangi kecepatan clocknya pada waktu idle tetapi tetap masih membutuhkan sedikit daya listrik.

Dengan adanya Optimus maka kartu grafis dari NVIDIA yang ada di notebook anda akan dimatikan secara total bila tidak diperlukan tenaganya. Setelah dimatikan maka kartu grafis terintegrasi dari intel akan mengambil alih kinerja grafis notebook anda. Ini karena intel GMA lebih hemat daya listrik daripada kartu grafis discreet. Transisi dari kartu grafis discreet ke intel GMA terjadi secara otomatis dan tidak memerlukan anda untuk booting ulang. Anda akan memperoleh kebebasan untuk memilih menggunakan kartu grafis discreet yang lebih bertenaga dalam memainkan games atau menggunakan intel GMA yang lebih hemat baterai.alfredstorm.co.cc

Teknologi ini masih tergolong baru dan yang menerapkan teknologi NVIDIA optimus baru dari produsen asus saja. Tipe notebook asus yang sudah menggunakan optimus antara lain: UL50Vf, U30Jc, N61Jv, N71Jv, 82Jv . Di indonesia sendiri sampai saat ini belum ada notebook yang menggunakan optimus. Tetapi anda tidak perlu menunggu terlalu lama karena asus akan segera meluncurkan notebook dengan optimus di indonesia. Mungkin dalam waktu 6-9 bulan lagi pasti anda akan menjumpai notebook dengan teknologi ini.

Seperti yang kita ketahui kartu grafis dari ATI hampir selalu menjadi pemenang dalam persaingan kartu grafis di kelas komputer desktop. Hal ini karena kartu grafis dari ATI sangat baik dalam segi harga dan kemampuannya dibanding NVIDIA. Tetapi dalam kelas kartu grafis notebook yang diperhitungkan bukan hanya kemampuan kartu grafisnya tetapi juga konsumsi daya juga patut diperhitungkan. Dengan adanya optimus NVIDIA bisa dipastikan bakal merebut pasar kartu grafis notebook. Mungkin ATI juga akan mengembangkan teknologi seperti optimus di masa depan tetapi untuk saat ini NVIDA lah pemenangnya.

 
Informasi-Informasi Saja Copyright © 2009 - 2013, Designed by Bie Themes