Gayus dan Ical Diduga ke Bali

Terdakwa kasus penggelapan pajak miliaran rupiah yang juga mantan pegawai Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak, Gayus Tambunan, diduga meninggalkan sel tahanan tempatnya mendekam di Markas Korps Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Foto yang sangat mirip dengan Gayus hasil jepretan fotografer Kompas, Agus Susanto, beredar luas, Senin (8/11). Aktivitas pria yang sangat mirip Gayus tersebut terekam, Jumat (5/11) malam, di arena tenis kejuaraan Commonwealth Bank Tournament Of The Champions WTA di Nusa Dua, Bali.
Mabes Polri juga membenarkan Gayus meninggalkan sel tahanan Jumat pekan lalu. Namun Gayus berasalan pergi berobat meski kemudian diketahui dia mampir ke rumahnya di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.
Selain Gayus, konglomerat yang juga Ketua Umum DPP Golkar Aburizal Bakrie juga disebut ikut menyaksikan pertandingan tersebut.
Kehadiran Aburizal yang sering disapa Ical ini nyaris tak tercium wartawan. Ical baru terlihat saat Ketua Umum KONI Agum Gumelar memanggil mantan Menko Kesra RI ini.


Pakai Wig
Dalam foto yang direkam Agus tersebut, pria yang mirip Gayus memakai kacamata dan rambutnya diduga wig yang sengaja dipakai untuk penyamaran.
Jepretan Kompas memperlihatkan kemiripan antara pria itu dengan Gayus. Agus sukses menangkap wajah si pria saat bibirnya terkatup. Kompas lalu membandingkan foto Agus dengan foto lain di arsip mereka dan hasilnya sangat mirip.
Saat adegan tersebut terekam di Bali, Gayus juga meninggalkan tahanan sejak pagi hingga larut malam. Mafia pajak ini dikawal sejumlah polisi. Mabes Polri mengatakan Gayus minta izin keluar untuk berobat.
Kepala Divis Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Iskandar Hasan mengatakan, sembilan polisi yang mengawal Gayus sudah diperiksa di Divisi Profesi dan Pengamanan Polri.
Menurut Iskandar, Gayus sempat ke rumah besarnya di Kelapa Gading yang sempat menjadi bahan perbincangan karena mewah dibandingkan dengan pangkatnya di kementerian keuangan sebagai PNS golongan IIIA.

Dari perbandingan foto Gayus asli dengan pia yang diduga mirip Gayus memiliki ciri bibir atas yang agak miring ke kanan.
Bentuk hidung dan arah tumbuh alisnya pun sangat mirip dengan pria penonton tenis di Nusa Dua itu. Perbedaan hanya ada di rambut.
Tapi, rambut pria di Nusa Dua itu agak aneh. Arah jatuhnya seperti rambut palsu. Menurut Agus Susanto, pria itu sering membetulkan letak rambut.
Si mirip Gayus juga sering menutup mulut dan hidungnya, sambil menonton laga petenis Slowakia Daniela Hantuchova melawan petenis Belgia Yanina Wickmayer.
Membantah
Gayus membantah ke Bali menonton pertandingan tenis internasional. Saat ditemui usai menghadiri sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, mengaku tetap berada di dalam sel, pekan lalu.
Kuasa hukum Gayus, Adnan Buyung Nasution, juga kehilangan kontak dengan Gayus pada akhir pekan lalu itu. Sebagai tim pembela, kata Adnan, tentunya pihaknya tahu bila Gayus keluar berobat atau untuk keperluan lain. Tapi soal Gayus keluar tahanan kemarin, Adnan mengaku tak tahu.
Anggota Fraksi Partai Golkar, Aziz Syamsuddin, juga membantah kehadiran Ical di pertandingan tenis di Bali.
"Apa urusannya ini dibawa-bawa. Nggak ada itu," kata Aziz kepada tribunnews.com di Jakarta, kemarin.
Sebelumnya, Gayus sempat disebut-sebut "membantu" penghitungan pajak sejumlah perusahaan grup Bakrie. Namun pihak Bakrie sudah membantah hal tersebut.
Wakil Ketua Komisi Hukum DPR RI menegaskan, Aburizal tidak mungkin melakukan kegiatan tersebut. "Mana mungkin, masa iya begitu," ujar Aziz.
Namun dia berjanji akan mendalami kabar tak sedap tersebut langsung ke Aburizal.tribunnews

 
Informasi-Informasi Saja Copyright © 2009 - 2013, Designed by Bie Themes