Sabtu Dini Hari Merapi 'Batuk'

Gunung Merapi kembali meletus dan memuntahkan lahar disertai awan panas, Sabtu (30/10) dini hari. Bahkan letusan yang diserai gemuruh dan gempa vulkanik ini bisa dirasakan warga yang berada di perbatasan Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta yang berjarak hampir lebih dari radius 15 km.

Dilaporkan, letusan Gunung Merapi terjadi sekitar pukul 00.40 WIB. Pada letusan ini, hampir selama 20 menit Merapi mengeluarkan awan panas yang mengarah ke sisi barat serta barat laut.

Saat dihubungi, Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta, Subandriyo mengungkapkan letusan dini hari ini merupakan aktivitas tertinggi selama Merapa bergejolak belakangan ini.

"Terjadi aklamasi gas yang membuat terjadi letusan disertai awan panas dan guguran materal yang mengeluarkan suara bergemuruh. Letusan diperkirakan masih terus terjadi karena masih ada magma dari bawah yang cukup besar," katanya.

Letusan ini membuat kepanikan warga, ruas jalan utama dari kawasan Gunung Merapi menuju Kota Yogakarta dipenuhi warga yang ingin menyelamatkan diri menuju arah selatan. Para melakukan pengungsian menggunakan mobil bak terbuka, sepeda motor.krjogja

 
Informasi-Informasi Saja Copyright © 2009 - 2013, Designed by Bie Themes