TV Hologram Siap Sambut Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2010 belum juga dimulai, tapi para penggiat industri televisi sudah berencana membuat teknologi TV hologram untuk menyaksikan Piala Dunia 2022.

Mengadaptasi film fiksi scientifik Star Wars, TV diklaim ini akan menampilkan gambar tiga dimensi yang bisa dinikmati tanpa menggunakan kacamata 3D. Perangkat ini menyerupai buku yang diletakkan di lantai dan menggunakan laser untuk memunculkan gambar yang melayang di tengah ruangan yang bisa dinikmati dari setiap sudut.

Seperti dikutip detikINET dari Daily Mail, Selasa (1/6/2010), perusahaan penyiaran NHK Jepang telah berkomitmen untuk menyiarkan Piala Dunia 2022 dengan menggunakan teknologi Holo-TV yang rumornya dibanderol seharga 2.8 juta poundsterling itu.

Bagaimana teknisnya? Gambar akan diambil dengan sudut 360 derajat dan menggunakan 200 kamera berdefinisi tinggi kemudian ditransmisikan menjadi gambar 3D. Gambar itu bisa diproyeksikan seperti pertandingan nyata ke sebuah lapangan kosong di seluruh dunia, memberikan ilusi nyata bagi pemirsa yang menontonnya.

Namun yang menarik adalah mikrofon khusus yang sengaja diletakkan di bawah lapangan sehingga semua suara di pertandingan bisa terdengar, seperti bunyi bola yang ditendang dan peluit wasit. Teknologi ini menciptakan ultra-realistic digital version.

"Anda mungkin berkata teknologi ini hanya mimpi karena mengadaptasi dari sebuah film," ungkap Profesor Jun Murai dari Universitas Keio. "Namun, ini penting untuk melihat bagaimana teknologi akan berkembang dalam waktu 12 tahun. Saya pikir ini akan direalisasi dan mulai digunakan sekitar tahun 2016," tutupnya.detik

 
Informasi-Informasi Saja Copyright © 2009 - 2013, Designed by Bie Themes