Sepekan Menghilang, Gayus Belum Juga Muncul

Tak kurang beberapa pejabat mengungkapkan keyakinannya bahwa Gayus Tambunan akan menyerahkan diri. Namun, sepekan sejak kabur bersama istrinya ke Singapura, Gayus tak juga menampakkan batang hidungnya.

Gayus meninggalkan Indonesia pada 24 Maret 2010 menggunakan nama paspor Gayus Halomoan Partahanan. Pegawai pajak golongan IIIA itu membeli tiket di Bandara Soekarno-Hatta saat itu juga dengan uang kontan.

Keberuntungan sedang berpihak kepada Gayus. Ia berhasil mendapatkan tiket pesawat Singapore Airlines dan terbang ke negeri singa itu pada pukul 22.25 WIB malam.

"Jadi ia tanpa reservasi. Ada seat, dia bisa berangkat," jelas Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar, kepada detikcom, Minggu (28/3), lalu.detik

Mabes Polri terlambat mencegah Gayus ke luar dari Indonesia. Kabareskrim Mabes Polri Komjen Pol Ito Sumardi baru meminta cekal Gayus kepada Ditjen Imigrasi Kemenkum HAM pada 26 Maret pukul 07.00 WIB. Gayus sudah 2 hari menikmati udara Singapura.

Polisi kini sedang berupaya menangkap Gayus, orang yang paling diburu saat ini. Interpol pun dilibatkan untuk mengendus pergerakan Gayus dan istrinya di luar negeri.

Sejumlah pihak menyakini Gayus akan segera tertangkap. "Kita sangat optimistis dalam waktu singkat bisa ditangkap polisi," kata penasihat Kapolri, Kastorius Sinaga.

Dirjen Pajak Kementerian Keuangan Tjiptardjo juga memiliki keyakinan yang sama. "Insya Allah saudara Gayus nggak lama lagi akan kecokok," kata Tjiptardjo.

Tidak jarang pula yang berkeyakinan Gayus akan kembali ke Indonesia secara sukarela dan menyerahkan diri ke Kepolisian. Ia akan menyusul Andi Kosasih, yang telah menyerahkan diri beberapa jam setelah ia dicekal.

Namun, perkiraan manakah yang benar, yang jelas, Gayus hingga kini belum ada di Indonesia. Namanya mulai moncer setelah mantan Kabareskrim Susno Duadji bersuara soal adanya makelar kasus pajak senilai Rp 25 miliar di Mabes Polri.

Gayus terseret dalam kasus itu dan memunculkan gerakan menolak bayar pajak karena masyarakat muak dengan perilakunya. Sebagai PNS golongan IIIA, kekayaan Gayus cukup membuat geleng-geleng kepala. Ia memiliki rumah mewah di Gading Park View dan apartemen di Cempaka Mas, dan juga termasuk beberapa mobil mewah.

Pengadilan Negeri Tangerang memvonis Gayus Tambunan bebas dalam perkara penggelapan pajak pada 12 Maret 2010.detik

 
Informasi-Informasi Saja Copyright © 2009 - 2013, Designed by Bie Themes