Ngeseks di Air Hangat Tak Perlu Kontrasepsi?

Banyak pasangan merasakan kepuasan tersendiri saat bercinta di bawah shower. Sensasi air dingin-hangat membasahi setiap inci kulit dan menambah kuat rangsangan yang diterima tubuh.

Anda dan suami sedang panas-panasnya menikmati masa bulan madu, termasuk bercinta di bawah shower. Tiap malam rasanya jadi malam pertama penuh kesan.

Tapi, Anda berdua sedang membuat progam menunda kehadiran buah hati. Alhasil, kontrasepsi pun tak pernah luput digunakan. Pernahkah Anda mencari jawaban atas pertanyaan, apakah air hangat “membunuh” performa sperma? Kalau memang benar, berarti tak perlu menggunakan kontrasepsi kalau ngeseks di bawah shower atau bathtub?

Psikiater Dr Sanjay Chugh menjawabnya untuk Anda. Menurut penjelasannya, kontrasepsi harus digunakan pada setiap kesempatan bercinta, kecuali jika Anda berdua punya rencana lain. Namun, untuk bercinta di bawah air hangat menyebabkan kehamilan, dibutuhkan pembuktian lebih lanjut.

Hingga saat ini, medis membuktikan bahwa berhubungan seks di bawah pancuran air hangat, bak mandi air hangat, atau jenis lingkungan air lainnya, tidak melindungi serangan kehamilan ataupun infeksi menular seksual.

Kenyataan dari persoalan ini adalah, organ ekternal seksual pria terdiri dari penis dan skrotum. Skrotum, kantong yang berisi sepasang testis, berfungsi menjaga testis pada suhu sekira lima derajat lebih dingin daripada bagian tubuh lainnya.

Fungsi ini penting untuk kesuburan karena proses produksi sperma sensitif terhadap panas. Dalam suhu panas, otot-otot dalam skrotum merasa rileks, dan testis menjauh dari suhu panas tubuh. Sebaliknya, dalam suhu dingin, otot-otot skrotum berkontraksi sehingga testis dapat mempertahankan perbedaan suhu 5 derajat Celsius dengan datang mendekat ke tubuh.

Peningkatan suhu disebabkan oleh duduk di bak mandi air hangat memang dapat mengganggu produksi normal sperma, tapi tidak cukup efektif untuk dianggap sebagai bentuk pengendalian kelahiran.

Pria dengan masalah kesuburan biasanya diberitahu untuk menghindari mandi dengan bak air hangat atau sauna. Sementara untuk pria dengan kesuburan normal, menggunakan kondom atau bentuk kontrasepsi lain lebih baik daripada tidak menggunakan perlindungan sama sekali. [okezone]

 
Informasi-Informasi Saja Copyright © 2009 - 2013, Designed by Bie Themes