Polisi Temukan Alat untuk Copy ATM di Bali

Kepolisian Bali telah menemukan alat yang digunakan untuk meng-copy ATM. Alat tersebut dipasangkan di mulut ATM. Tujuannya, untuk merekam data nasabah yang sedang melakukan transaksi via ATM.

"Saya sudah ketemu alatnya. Nanti akan saya demokan alat itu, untuk meng-copy ATM untuk membobol," kata Kapoltabes Denpasar Kombes Pol Gede Alit Widana kepada detikcom, Rabu (20/1/2010) malam.

Adapun modus operandinya, menurut Gede, alat ini dipasang di mulut ATM. Kemudian, dipasang kamera kecil tak jauh dari mesin ATM tersebut. Sementara tak jauh dari lokasi tersebut pelaku memantau transaksi nasabah via laptop.

"Bisa juga dari ATM atau tempat pembelanjaan di hard rock. Dari dekat tempat transaksi atau dekat tempat pembelanjaan," imbuhnya.

Alat tersebut, imbuh Gede, berfungsi untuk merekam data. "Nanti kita akan mengundang kepala bank di bali. Alat ini akan kita demokan di depan mereka sehingga mereka bisa mengetahui modus operandi pelaku dan pola antisipasinya," paparnya.

Dia menambahkan, sebenarnya alat ini secara kasat mata bisa dilihat. Apalagi jika dalam ATM terdapat ada alat perekam. "Alat ini biasanya ditempelkan di mulut ATM. biasanya di ATM yang tidak dilindungi oleh pelingung," pungkasnya. [detik]


 
Informasi-Informasi Saja Copyright © 2009 - 2013, Designed by Bie Themes