Korban Gempa di Tapanuli Utara Belum Dapat Bantuan

Medan - Sejumlah warga yang menjadi korban gempa bumi di Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Sumut), masih banyak yang belum mendapatkan bantuan. Sebagian di antara mereka makan seadanya dari hasil swadaya, Selasa (14/6/2011) malam.

Warga yang belum mendapatkan bantuan logistik itu, terutama yang berada di empat desa di Kecamatan Pahae Jae, Kabupaten Tapanuli Utara. Salah seorang warga, Jasa Sitompul mengatakan, untuk menolong para korban, warga yang tidak terkena dampak gempa, secara secara bersama berupaya mengumpulkan bantuan.

Bantuan yang diberikan itu, antara lain menyediakan penampungan dan makanan seadanya. Pasalnya, bantuan dari pemerintah masih belum mereka terima. Sebagian korban juga terpaksa bertahan di tenda darurat yang terbuat dari plastik.

"Memang akses jalan sudah dapat dilalui, namun belum ada bantuan pangan dan obat-obatan dari pihak pemerintah. Padahal ada ratusan orang yang rumahnya rusak terkena gempa ini," kata Sitompul sembari menyatakan beberapa warga juga mengalami luka akibat gempa tersebut kini dirawat di Puskesmas yang ada di Desa Sarulla.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa berkekuatan 5,5 SR melanda Tapanuli Utara dan sekitarnya pada pukul 07.08 WIB, dan pukul 10.01 WIB. Selain merusakkan rumah-rumah warga, gempa juga sempat menyebabkan longsornya bukit dan menimbun badan jalan. Namun pembersihan material longsor sudah dilakukan, dan jalanan sudah mulai dapat dilalui.detiknews

 
Informasi-Informasi Saja Copyright © 2009 - 2013, Designed by Bie Themes