Radiasi Nuklir Jepang Sudah Sampai Malaysia

Putrajaya - Bahan radioaktif dari Jepang sudah sampai ke negara tetangga Malaysia. Menteri Kesehatan Malaysia Datuk Seri Liow Tiong Lai menyatakan bahan radiasi itu diterbangkan oleh angin yang bertiup ke arah selatan maupun barat. Namun kadarnya sangat rendah.Menurut laporan Kementerian Ilmu, Teknologi dan Inovasi (MOSTI), angin bertiup ke arah barat dan selatan, sehingga bisa sampai ke Malaysia. "Bahan radioaktif yang menyebar ke area (Malaysia) sudah bercampur tetapi kami akan memonitor situasi," kata Liow kemarin, seperti dikutip The Star, Kamis 31 Maret 2011.

Liow menyatakan akan melakukan tindakan pencegahan dan mengumumkan kepada masyarakat jika situasi memburuk. Sementara ini situasi lingkungan masih aman.

Kemarin Menteri Datuk Seri Dr Maximus Ongkili juga mengumumkan telah menguji 63 sampel makanan yang diimpor dari delapan perfektur di Jepang. Hasilnya, makanan masih aman cemaran bahan radioaktif.

Sampel yang diambil antara lain produk sayuran, stroberi, jamur, susu, dan seafood yang diimpor dari 24 hingga 29 Maret dari perfektur Chiba, Fukushima, Gunma, Ibaraki, Miyagi, Nigata, Tochigi dan Yamagata. Tidak ada terdeteksi bahan radioaktif Iodine-131, Cesium-134, dan Cesium-137. "Kalau pun ada, tidak melewati ambang batas yang ditetapkan Jepang," kata Maximus.
Sumber :http://www.tempointeraktif.com/hg/asia/2011/03/31/brk,20110331-324161,id.html

 
Informasi-Informasi Saja Copyright © 2009 - 2013, Designed by Bie Themes