Lahar Dingin Merapi Banjir Kali Code Setinggi Atap Rumah

Kota Yogyakarta banjir lahar dingin dari Gunung Merapi akibat hujan deras di bagian hulu, Senin (29/11/2010) petang. Pantauan Tribun Jogja dari atas Jembatan Kewek di Jalan Pangeran Mangkubumi, banjir lahar dingin itu memasuki perkampungan di pinggir Kali Code.
Saya tidak tega melihat rumah saya terendam. Saya hanya bisa ikhlas.
-- Susilo

Puluhan rumah di bantaran Kali Code terendam sampai ke bagian atap. Salah satunya rumah milik Susilo (50), warga Kampung Jogoyudan RW 10, Gowongan, Jetis, Yogyakarta.

“Saya tidak tega melihat rumah saya terendam. Saya hanya bisa ikhlas,” ucap Susilo kepada Tribun Jogja.

Karena rumahnya kebanjiran, Susilo terpaksa mengungsi ke tempat aman di wilayah RW 13.

Pria dewasa dan pemuda di lokasi tersebut beramai-ramai menyiapkan karung-karung berisi pasir sebagai tanggul penghalang agar air sungai tak masuk ke permukiman.

Sementara itu, ibu-ibu dan anak-anak diimbau agar meninggalkan bantaran Kali Code. Padatnya kegiatan warga, selain memunculkan kepanikan, juga membuat arus lalu lintas macet.kompas

 
Informasi-Informasi Saja Copyright © 2009 - 2013, Designed by Bie Themes