Mark Webber Menang Dipandu "Safety Car"

Hebat! Itulah kata yang pantas diberikan kepada tim Red Bull yang berhasil finish 1-2 GP F1 Monaco, Minggu (16/5/2010). Mark Webber berhasil memenangkan lomba yang menempuh 78 lap dengan sempurna. Padahal, pebalap Asutralia ini sempat empat kali "diganggu" dengan keluarnya safety car (SC).

Termasuk tiga lap terakhir akibat mobil Trulli menaik ke atas mobil Chandlock di tikungan. Akhirnya, Webber menyentuh finish dengan dipandu SC. Ini kemenangan keduanya yang diraih secara berturut-turut, setelah sebelumnya di Spanyol.

Start dengan sempurna, Webber berhasil menjaga posisi terdepannya. Namun SC masuk karena Nico Helkenberg menabrak di terowongan. Ia tetap memimpin bahkan meninggal rekan setimnya, sebastian Vettel sampai 10 detik lebih. Lagi-lagi SC masuk akibat Rubens Barrichello menghajar dinding pembatas.

Posisinya pun rapat kembali. Tapi, SC masukm lagi lap 43, tanpa ada kecelakaan. ia masih bisa mempertahankan posisinya. Bahkan ketika masuk pit ganti ban pun, hanya ia yang bisa mempertahankan posisi terdepannya.

Tak kalah hebat juga Vettel. Ia dengan konsisten dapat menjaga posisi keduanya. Beberapa kali Kubica coba mendekat, tapi dapat ditinggalkannya.

Bintang Monaco adalah Fernando Alonso. Start dari pit, ketika terjadi kecelakaan di lap awal, ia segera masuk pit ganti ban kompon keras. Sementara pebalap lain baru melakukannya pada lap 30-an. Pebalap Spanyol itu berhasil melakukan manuver dengan menyalip lawan-lawannya di tikungan ke luar terowongan.

Dengan pengalaman, kematangan dan didukung performa F10 yang baik, membuat Alonso berhasil menduduki urutan keenam. Prediksinya ia bisa meraih angka, bisa terwujudkan.



Jalan Lomba
Saat semua pebalap menuju ke garis start, Fernando Alonso start dari pit. Kepada TV Jerman ia mengungkapkan, peluang mendapat poin, sekecil apapun sangat mungkin. Karena, selama lomba banyak kejadian yang memungkinkan dirinya memperbaiki posisinya.

Sementara Ross Brawn mengatakan, "Ini tempat (sirkuit) yang jelek, segala sesuatu bisa terjadi."

Saat start : Mark Webber dan Vettel melakukan start yang sempurna. Kubica agak lambat, sehingga posisi keduanya digeser Vettel. Nico Hulkemberg menabrak dinding pembatas di terowongan. Safety car masuk lintasan.

Pada lap 2: Alonso masuk pit tapi jalan terus.

Pala lap 3 : Jenson Button tidak dapat melanjutkan lomba. Mobilnya mengeluarkan asap dan berhenti di tikungan Ste Devote. Pebalap masih dituntun Safety Car.

Pada lap 4 :Webber berbicara pada Race Director melalui radio di terowongan banyak serpihan.

Pada lap 6 :Safety Car masuk pit. Formasi Webber, Vettel, Kubica, Massa, Hamilton, Barichello, Schumacher.

Pada lap 9 :Webber ukir waktu tercepat 1: 19,625 dan unggul 1,4 detik dari Vettel.

Pada lap 12: Alonso berhasil melonjakkan posisinya menjadi urutan ke-18 setelah menyalip Trulli, Timo Glock.

Pada lap 16: Suhu persaingan mulai boring. Kecuali Alonso yang lap demi lap terus menerkam korbannya di teroeongan. Kamera televisi pun menyoroti pebalap Spanyol itu. Kini ia menduduki posisi ke-16.

Pada lap 18: Hamilton yang pertama masuk pit untuk ganti ban kompon keras. Masuk lintasan berada di belakang Alonso.

Pada lap 20: Massa dan Schumacher masuk pit. Massa melorot ke urutan ke-9 dan Schumi ke-14.

Pada lap 22; Kubica masuk pit, ketika masuk lintasan berada di urutan ke-5.

Pada lap 23: Vettel masuk pit, dan berada di urutan ketiga. Sedang Alonso yang memakai ban kompon keras sejak awal, sekarang beradas di urutan ke-8.

Pada lap 24: Webber masuk pit dan tetap terdepan ketika masuk lintasan. Diikuti Rosberg, Vettel, Kubica, Kobayshi, Massa, Hamilton, Alonso.

Pada lap 28 : Di Grassiri berhenti, Rosberg masuk pit saat posisi kedua. Namun masuk pit melorot ke-8. Sementara Alonso sudah berada di urutan ke-7.

Pada lap 32 : Barichello menghajar dinding pembatas di tikungan Massenet. Webber yang sudah unggul 10 detik dengan Vettel, jadi menempel lagi karenaq safety car ke luar dan masuk kembali lap ke-35.

Pada lap 38 ; Kepala mekanik Hamilton berpesan kepadanya melalui radio supaya berhemat dengan rem. Alonso sudah menempel di belakang McLaren.

Pada lap 44: Safety car masuk lintasan karena di tikungan 3 (Massenet) tempat Barrichello kecelakaan agak licin. Saat itu Jarak Webber dengan Vettel sudah 2,7 detik.

Pada lap 52: Webber mengukir waktu tercepat secara berturut-turut sampai lap 54.

Pada lap 61: Rombongan pebalap terdepan pada menjaga posisi. Kecuali Kub ica yang berusaha menempel Vettel.

Pada lap 63: Kovalainen memasukkan mobil ke garasi dan tidak melanjutkan lomba. Webber tetap di depan diikuti Vettel, Kubica, Massa, hamilton dan Alonso.

Pada lap 74 :Trulli berusaha menyalip Chandlock, mobilnya naik ke atas kepala Chandlock. Safety car kembali keluar.

The Monaco Grand Prix
Monte Carlo, Monaco;
78 laps; 260.520km;
Weather: Sunny.


1. Webber Red Bull-Renault 1:50:13,355
2. Vettel Red Bull-Renault + 0.448
3. Kubica Renault + 1.600
4. Massa Ferrari + 2.600
5. Hamilton McLaren-Mercedes + 4.300
6. Schumacher Mercedes + 5.700
7. Alonso Ferrari + 6.300
8. Rosberg Mercedes + 6.600
9. Sutil Force India-Mercedes + 6.900
10. Liuzzi Force India-Mercedes + 7.300
11. Buemi Toro Rosso-Ferrari + 8.100
12. Alguersuari Toro Rosso-Ferrari + 9.100
13. Petrov Renault + 4 laps

Fastest lap: Vettel, 1:15.192

Pebalap tidak finish
Chandhok HRT-Cosworth 71
Trulli Lotus-Cosworth 71
Kovalainen Lotus-Cosworth 59
Senna HRT-Cosworth 59
Barrichello Williams-Cosworth 28
Kobayashi Sauber-Ferrari 27
Di Grassi Virgin-Cosworth 26
Glock Virgin-Cosworth 23
De la Rosa Sauber-Ferrari 22
Button McLaren-Mercedes 3
Hulkenberg Williams-Cosworth 1


peringkat sementara sampai seri 6

Pebalap Konstruktor
1. Webber 78 1. Red Bull-Renault 156
2. Vettel 78 2. Ferrari 134
3. Alonso 73 3. McLaren-Mercedes 129
4. Button 70 4. Mercedes 84
5. Massa 61 5. Renault 65
6. Hamilton 59 6. Force India-Mercedes 27
7. Kubica 59 7. Williams-Cosworth 8
8. Rosberg 54 8. Toro Rosso-Ferrari 3
9. Schumacher 30
10. Sutil 18
11. Liuzzi 9
12. Barrichello 7
13. Petrov 6
14. Alguersuari 3
15. Hulkenberg 1

kompas


 
Informasi-Informasi Saja Copyright © 2009 - 2013, Designed by Bie Themes