PANITIA REKRUTMEN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
DEPARTEMEN PERDAGANGAN
TAHUN 2009
P E N G U M U M A N
Nomor : 967/SJ-DAG.2/9/2009
Dalam rangka mengisi lowongan formasi Pegawai Negeri Sipil sesuai dengan surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 529.F/M.PAN/7/2009 tentang Persetujuan Prinsip Tambahan Formasi CPNS Pusat Tahun 2009, Departemen Perdagangan membuka kesempatan bagi Warga Negara Indonesia yang berminat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil dengan memenuhi ketentuan-ketentuan berikut dan mengikuti seluruh proses seleksi.
A. LOWONGAN FORMASI DAN KUALIFIKASI PENDIDIKAN
Jumlah Formasi dan Kualifikasi Pendidikan yang dibutuhkan untuk mengisi lowongan pada Jabatan-jabatan dan penempatan sebagai berikut :
1. Penempatan dan lokasi ujian Jakarta :
Diploma 3
* Administrasi Bisnis/Administrasi Perkantoran/Manajemen Perusahaan: 7 orang.
* Akuntansi/Sistem Informasi Akutansi/Komputerisasi Akuntansi/Administrasi Keuangan: 11 orang.
* Akuntansi/Sistem Informasi Akutansi/Komputerisasi Akuntansi: 1 orang.
* Analis Kimia/Teknik Kimia/Teknologi Kimia Tekstil/Teknologi Kimia Industri/Kimia Industri: 2 orang.
* Fisika Instrumentasi/Fisika Terapan: 1 orang.
* Fisika Instrumentasi/Manajemen Industri/Teknik Otomasi Manufaktur dan Mekatronika/Teknik Perancang Manufaktur: 2 orang.
* Ilmu Komunikasi/Komunikasi Terapan/Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan/Penyiaran: 3 orang.
* Kearsipan: 2 orang.
* Manajemen Informatika/Teknik Komputer/Teknik Informatika: 3 orang.
Sarjana S1
* Administrasi Bisnis/Administrasi Publik: 1 orang.
* Administrasi Bisnis/Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan/Ekonomi Pembangunan/Sosial Ekonomi Pertanian/Sosek Peternakan/Sosek Perikanan/Agribisnis: 6 orang.
* Akuntansi/ Komputer Akuntansi: 1 orang.
* Akuntansi: 2 orang.
* Desain Komunikasi Visual/Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat/Ilmu Komunikasi/Jurnalistik: 3 orang.
* Fisika/Teknik Fisika/Fisika Teknik: 2 orang.
* Fisika/Teknik Fisika: 2 orang.
* Hubungan Internasional/Ilmu Administrasi Niaga/Administrasi Bisnis: 2 orang.
* Hubungan Internasional: 2 orang.
* Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan/ Ekonomi Pembangunan/Manajemen Program Pembangunan/Hubungan Internasional/Ilmu Komunikasi/Ilmu Administrasi Niaga/Administrasi Bisnis: 1 orang.
* Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan/Ekonomi Pembangunan/Manajemen Program Pembangunan/Manajemen Perekonomian Negara: 4 orang.
* Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan/Ekonomi Pembangunan/Manajemen Program Pembangunan: 4 orang.
* Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan/Ekonomi Pembangunan/Sosial Ekonomi Pertanian/Agribisnis: 10 orang.
* Ilmu Hukum/Hukum Internasional/Hubungan Internasional: 3 orang.
* Ilmu Hukum/Hukum Internasional: 2 orang.
* Ilmu Hukum: 6 orang.
* Ilmu Sosial/Ilmu Kesejahteraan Sosial/Antropologi Sosial: 1 orang.
* Kimia/ Teknik Kimia: 4 orang.
* Manajemen Keuangan dan Perbankan: 1 orang.
* Manajemen Pendidikan/Administrasi Pendidikan/Teknologi Pendidikan: 3 orang.
* Perikanan/Teknologi Hasil Perikanan/Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya/Hortikultura/
* Psikologi/Manajemen Personalia: 4 orang.
* Sosial Ekonomi Pertanian/Agribisnis/Ilmu Kelautan/Sosial Ekonomi Pertanian/Sosek Peternakan/Sosek Perikanan: 5 orang.
* Sosial Ekonomi Pertanian/Sosial Ekonomi Peternakan/Sosial Ekonomi Perikanan/Agribisnis: 4 orang.
* Statistika/Matematika: 2 orang.
* Teknik Elektro/Elektronika dan Instrumentasi: 2 orang.
* Teknik Elektro/Fisika/Teknik Fisika/Fisika Teknik/Teknik Elektronika/Elektronika dan Instrumentasi: 1 orang.
* Teknik Elektro/Fisika/Teknik Fisika/Fisika Teknik/Teknik Elektronika: 1 orang.
* Teknik Elektro/Fisika/Teknik Fisika: 1 orang.
* Teknik Elektro/Teknik Elektronika/Elektronika dan Instrumentasi: 2 orang.
* Teknik Komputer/Ilmu Komputer/Teknik Informatika: 19 orang.
* Teknik Lingkungan/Biologi Lingkungan: 1 orang.
* Teknologi Hasil Perikanan/Teknologi Hasil Pertanian/Teknologi Hasil Kehutanan/Teknologi Pangan: 2 orang.
* Teknologi Hasil Pertanian/Teknologi Hasil Kehutanan/Nutrisi dan Teknologi Pangan/Teknologi Industri Pertanian: 1 orang.
* Teknologi Pangan/Nutrisi dan Teknologi Pangan/Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian/Teknik Industri: 3 orang.
* Teknologi Pangan/Nutrisi dan Teknologi Pangan/Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian: 2 orang.
Profesi
* Dokter Umum: 1 orang.
Sarjana S2
* Administrasi Bisnis/Perencanaan dan Kebijakan Publik/Studi Logistik: 2 orang.
* Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan/Ilmu Ekonomi/Magister Ekonomika/Ekonomi Pertanian/Ilmu Ekonomi Pertanian/Administrasi Publik/Ilmu Administrasi Negara/Ilmu Hubungan Internasional: 2 orang.
* Ilmu Ekonomi/Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan/Magister Ekonomika/Ekonomi Pertanian: 2 orang.
* Ilmu Hukum/Hukum Bisnis/Hukum Perdata: 1 orang.
* Ilmu Hukum: 1 orang.
* Ilmu Manajemen/Manajemen Agribisnis/Ilmu Ekonomi/Ilmu Ekonomi Pertanian/Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan/Magister Ekonomika: 2 orang.
* Internasional Bisnis/Ilmu Ekonomi/Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan/Magister Ekonomika/Ekonomi Pertanian/Manajemen Komunikasi/Ilmu Manajemen/Manajemen Agribisnis/Akuntansi: 2 orang.
* Sains Psikologi/Psikologi/Psikologi Perkembangan/Manajemen Pendidikan/Administrasi Pendidikan/Manajemen Sumber Daya Aparatur: 2 orang.
* Statistika/Matematika: 1 orang.
* Teknik Lingkungan/Kimia/Ilmu Lingkungan/Teknik Metalurgi dan Material/Ilmu dan Teknik Material/Ilmu Material/Fisika/Ilmu Fisika: 3 orang.
2. Penempatan dan lokasi ujian Bandung:
* S1 Teknik Elektro/Elektronika/
* S1 Fisika/Teknik Fisika: 2 orang
* S1 Kimia/Teknik Kimia: 1 orang
* S1 Psikologi/Manajemen Personalia: 1 orang
* S1 Teknik komputer/Ilmu komputer/Teknik Informatika: 1 orang
* S2 Teknik Lingkungan/Kimia/Ilmu Lingkungan/Teknik Metalurgi dan Material/Fisika/Ilmu Fisika: 1 orang
* S2 Statistika/Matematika : 1 orang
* D3 Akuntansi/Sistem Informasi Akuntansi/Komputerisasi Akuntansi/Administrasi Keuagan: 1 orang
* D3 Administrasi Bisnis/Administrasi/
3. Penempatan dan lokasi ujian Medan:
* S1 Teknik Elektro/Fisika/Teknik Fisika/Teknik Elektronika: 1 orang
* S1 Kimia/Teknik Kimia: 1 orang
* S1 Teknik Komputer/Ilmu komputer/Teknik informatika: 1 orang
4. Penempatan dan lokasi ujian Makassar:
* S1 Teknik Elektro/Elektronika/
* S1 Fisika/Teknik Fisika: 1 orang
* S1 Teknik Komputer/Ilmu Komputer/Teknik Informatika: 1 orang
5. Penempatan dan lokasi ujian Banjarmasin
* S1 Teknik Elektro/Fisika/Teknik Fisika : 1 orang
* S1 Kimia/Teknik Kimia: 1 orang
* S1 Teknik Komputer/ Ilmu Komputer/ Teknik Informatika: 1 orang
6. Penempatan dan lokasi Ujian Yogyakarta:
* S1 Teknik Elektro/Fisika/Teknik Fisika/Teknik Elektronika/ Instrumentasi: 1 orang
* S1 Kimia/Teknik Kimia: 1 orang
* S1 Teknik Komputer/Ilmu Komputer/Teknik Informatika: 1 orang
B. PERSYARATAN PELAMAR
1. Persyaratan Umum :
a. Warga Negara Indonesia;
b. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
c. Memiliki Integritas yang tinggi terhadap NKRI;
d. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun per 31 Desember 2009
e. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS, Calon Anggota/Anggota TNI/POLRI;
f. Tidak berkedudukan sebagai Anggota atau Pengurus Partai Politik;
g. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/ Anggota TNI/ POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Swasta;
h. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan Putusan Pengadilan;
i. Memenuhi jenjang pendidikan dan kualifikasi pendidikan yang sesuai
2. Persyaratan Khusus :
a. Lulus Perguruan Tinggi Negeri/ Perguruan Tinggi Swasta yang terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dibuktikan dengan Nomor SK dari Badan Akreditasi Nasional dan tertera pada ijazah/ transkrip nilai.
b. Untuk lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapat pengesahan dari Ditjen Pendidikan Tinggi disertai dengan konversi IPK ke dalam skala 4.
c. IPK minimal 2,5 dibuktikan dengan salinan Transkrip Nilai Akhir.
C. TATA CARA PENDAFTARAN/ LAMARAN
Setiap pelamar harus melakukan pendaftaran Lamaran secara online melalui situs Departemen Perdagangan www.depdag.go.id dan mengirimkan berkas Lamaran kepada Panitia melalui PO BOX 1034 JKP 10010 yang terdiri dari:
1. Tanda Peserta Ujian yang dicetak pada kertas ukuran A4 sebanyak 1 (satu) lembar yang sudah ditempel 2 (dua) buah foto berwarna terbaru ukuran 4×6 dan ditandatangani pada tempat yang ditentukan.
2. Surat Lamaran/ Pernyataan yang dicetak pada 1 (satu) lembar kertas ukuran A4 yang sudah dibubuhi tanda tangan di atas materai teraan Rp. 6000.
3. Selembar fotokopi Ijazah.
4. Selembar fotokopi Transkip Nilai.
5. Selembar fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).
Seluruh kelengkapan berkas pada poin 1 s/d 5 di atas dimasukkan ke dalam amplop berwarna coklat ukuran A4 yang telah ditempel dengan alamat pengiriman pada bagian kanan-bawah dan nomor pendaftaran/ nama/ kualifikasi pelamar (barcode) pada bagian kiri-atas.
D. KETENTUAN-KETENTUAN LAIN
1. Perbandingan jumlah pelamar dengan formasi yang tersedia per jabatan yang dilamar dan lokasi penempatan/ ujian adalah menurut ketentuan sebagai berikut:
Jumlah formasi : Jumlah Pembanding : Jumlah Pelamar adalah 1:1:45; 2:1:40; 3:1:35; 4:1:30; 5:1:25; 6 -… :1:20.
2. Pelamar harus mencantumkan alamat e-mail yang benar dan masih berlaku.
3. Pelamar tidak dipungut biaya apapun selama proses Rekrutmen CPNS.
4. Seorang Pelamar hanya diperkenankan melamar dan mengirim 1 (satu) buah Lamaran. Pelamar yang mengabaikan ketentuan ini dinyatakan gugur dan berkas-berkas lamarannya tidak diproses.
5. Setiap Lamaran yang tidak sesuai dengan ketentuan Panitia dinyatakan batal dan tidak akan diproses.
6. Berkas lamaran tidak dikembalikan dan menjadi milik Panitia untuk dimusnahkan.
7. Lamaran yang disampaikan sebelum pengumuman ini diterbitkan, dinyatakan tidak berlaku.
8. Setiap pelamar yang memberikan informasi tidak benar akan dituntut sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
9. Pelamar dilarang berkomunikasi langsung dengan panitia dan atau dengan perantara orang lain.
10. Pelamar yang tidak melakukan registrasi ulang/ melapor pada waktu yang ditentukan setelah dinyatakan lulus dianggap gugur dan mengundurkan diri.
11. Pelamar yang mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus dan diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil Departemen Perdagangan akan dituntut sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku tentang tindakan yang merugikan Negara dan atau wajib membayar ganti rugi sebesar Rp 10.000.000.
12. Keputusan Panitia tidak dapat diganggu-gugat.
E. TAHAPAN PELAKSANAAN REKRUTMEN CPNS
1. Pengumuman Rekrutmen CPNS (4 September 2009).
2. Pendaftaran Lamaran online (8 – 12 September 2009), pukul 00.00-24.00 WIB.
3. Pengiriman berkas Lamaran (8 – 14 September 2009).
4. Pengumuman peserta ujian tertulis pada situs www.depdag.go.id :
- Tahap I, 10 September 2009
- Tahap III, 17 September
- Tahap II, 11 September 2009
- Tahap IV, 25 September 2009
5. Pengambilan Tanda Peserta Ujian :
- Tanggal 12 September 2009, pukul 08.00 – 16.00 WIB khusus untuk pelamar pada penempatan dan lokasi ujian Jakarta di gedung Departemen Perdagangan RI, JL. M.I. Ridwan Rais No.5.
- Tanggal 26 dan 27 September 2009, pukul 08.00 – 16.00 waktu setempat untuk lokasi ujian dan penempatan :
Jakarta Gedung Departemen Perdagangan RI, JL. M.I. Ridwan Rais No.5 Jakarta Pusat
Bandung Balai Diklat Metrologi Jl. Daeng Muhammad Ardiwinata km 3,4, Cihanjuang, Cimahi, Jawa Barat.
Medan Balai Standardisasi dan Metrologi Legal; Jl. Sunggal No.70 Medan
Yogyakarta Balai Standardisasi dan Metrologi Legal; Jl. Letjen Suprapto No. 64Ngampilan, Yogyakarta
Banjarmasin Balai Standardisasi dan Metrologi Legal; Jl. Dharma Praja No. 15Banjarmasin
Makassar Balai Standardisasi dan Metrologi Legal; Jl. Landak Baru No. 27Makassar
Syarat pengambilan kartu ujian adalah menunjukkan bukti pendaftaran lamaran online (barcode) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
Bagi peserta yang berhalangan mengambil kartu ujian dapat diwakilkan kepada orang lain dengan menunjukkan bukti pendaftaran lamaran online (barcode), fotokopi KTP peserta dan fotokopi KTP yang mewakilkan.
6. Pelaksanaan Ujian Tertulis (30 September 2009), pukul 08.00 – selesai (waktu setempat) pada lokasi ujian:
Jakarta Gedung Tennis Indoor, Gelora Bung Karno, Senayan – Jakarta
Bandung Balai Diklat Metrologi Jl. Daeng Muhammad Ardiwinata km 3,4, Cihanjuang, Cimahi, Jawa Barat.
Medan (diberitahukan pada saat pengambilan kartu ujian).
Yogyakarta (diberitahukan pada saat pengambilan kartu ujian).
Banjarmasin (diberitahukan pada saat pengambilan kartu ujian).
Makassar (diberitahukan pada saat pengambilan kartu ujian).
Pada saat pelaksanaan ujian tertulis, peserta wajib membawa Tanda Peserta Ujian, KTP dan kelengkapan ujian seperti pensil 2B, karet penghapus, ballpoint dan alas tulis.
7. Pengumuman peserta Psikotes dan Wawancara pada situs www.depdag.go.id (8 Oktober 2009).
Pelaksanaan Psikotes dan Wawancara (13 dan 14 Oktober 2009 pukul 08.00 s/d selesai, waktu setempat).
Lokasi Jakarta di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perdagangan, Jl. Abdul Wahab, Sawangan-Depok. Untuk daerah Bandung, Medan, Yogyakarta, Banjarmasin, dan Makassar dilaksanakan di tempat pengambilan Tanda Peserta Ujian.
Peserta wajib membawa Tanda Peserta Ujian, KTP serta kelengkapan ujian seperti pensil 2B, karet penghapus, ballpoint dan alas tulis.
• Pengumuman kelulusan sebagai CPNS pada situs www.depdag.go.id (26 Oktober 2009).
8. Registrasi Ulang dan Pemberkasan/ proses administrasi pengangkatan CPNS (27 Oktober – 6 November 2009).
Pada saat pemberkasan/ proses administrasi pengangkatan, para Pelamar yang dinyatakan lulus diwajibkan membawa Ijazah asli, Transkrip nilai asli dan Tanda Peserta Ujian serta kelengkapan dokumen berikut:
a. Daftar Riwayat Hidup yang ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditempel pasfoto berwarna sesuai dengan format dalam Keputusan Kepala BKN No. 11 tahun 2002 dalam 2 (dua) rangkap.
b. Surat Pernyataan sesuai dengan format dalam Keputusan Kepala BKN No. 11 tahun 2002 yang ditandatangani di atas materai Rp. 6.000 dan salinannya tanpa materai.
c. Surat Lamaran yang ditulis tangan dengan tinta hitam, dan ditandangani di atas materai Rp. 6000 dan salinannya tanpa materai.
d. Dua (2) lembar salinan/ fotokopi Ijazah yang telah dilegalisasi pejabat yang berwenang yaitu Rektor/ Pembantu Rektor/ Dekan/ Pembantu Dekan/ Direktur/ Ketua Ketua atau pejabat setingkat dalam lembaga akademik yang bersangkutan.
e. Dua (2) lembar salinan/ fotokopi Transkrip yang telah dilegalisasi pejabat yang berwenang yaitu Rektor/ Pembantu Rektor/ Dekan/ Pembantu Dekan/ Direktur atau pejabat setingkat dalam lembaga akademik yang bersangkutan.
f. Surat Keterangan Berbadan Sehat dari dokter pemerintah dan salinannya.
g. Surat Keterangan Bebas Narkoba dari dokter pemerintah dan salinannya.
h. Surat Keterangan Catatan Kepolisian dan salinannya.
i. Kartu pencari kerja (kartu kuning) dan salinannya.
j. Pasfoto terbaru dan berwarna, ukuran 3×4 sebanyak 6 lembar.
k. Surat keterangan dan bukti tentang pengalaman kerja bagi yang telah mempunyai pengalaman kerja dan salinannya.
Waktu penyerahan berkas adalah pukul 08.00 s/d 16.00 waktu setempat dengan tempat penyerahan berkas berdasarkan penempatan dan sebagai berikut :
Jakarta Gedung Departemen Perdagangan RI, JL. M.I. Ridwan Rais No.5 Jakarta Pusat.
Bandung Balai Diklat Metrologi Jl. Daeng Muhammad Ardiwinata km 3,4, Cihanjuang, Cimahi, Jawa Barat.
Medan Balai Standardisasi dan Metrologi Legal; Jl. Sunggal No.70 Medan.
Yogyakarta Balai Standardisasi dan Metrologi Legal; Jl. Letjen Suprapto No. 64, Ngampilan, Yogyakarta.
Banjarmasin Balai Standardisasi dan Metrologi Legal; Jl. Dharma Praja No. 15Banjarmasin.
Makassar Balai Standardisasi dan Metrologi Legal; Jl. Landak Baru No. 27Makassar.
Para Pelamar yang dinyatakan lulus sebagai CPNS namun tidak melapor tanpa pemberitahuan tertulis kepada Panitia 5 (lima) hari sejak diumumkan, dinyatakan mengundurkan diri.
9. Proses penetapan Nomor Induk Pegawai Calon Pegawai Negeri Sipil (1 Desember 2009).
Demikian disampaikan dan apabila anda memenuhi syarat dan bersedia memenuhi seluruh ketentuan serta peraturan di atas, silakan mendaftar.
Jakarta, 4 September 2009
Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi
selaku
Ketua Panitia Rekrutmen Calon Pegawai Negeri
ROBBY KUMENAUNG