Sebab & Solusi Gatal di Sekitar Mr P

GATAL di sekitar alat kelamin biasanya terjadi pada bagian lipatan kulit selangkangan. Pada pria, kulit di bawah lipatan skrotum sering gatal, tetapi bukan pada Mr P. Apa sebab dan bagaimana solusinya?

Biasanya daerah yang gatal berwarna merah, sedikit bersisik, dan memiliki perbatasan cukup jelas dengan kulit yang tidak gatal. Jika melihat ke garis batas, Anda dapat melihat jerawat kecil. Ruam menyebar ke luar sehingga bagian tengahnya terlihat jelas.

Gangguan kulit ini dikenal sebagai “ruam keringat”, tetapi tidak disebabkan oleh keringat. Penyebab sebenarnya adalah jamur tinea, yakni jamur yang sama yang menyebabkan kaki atlet (athlete’s foot). Kaki atlet sangat umum terjadi pada mereka yang sering berolahraga. Sebab, jamur ini berasal dari lantai kamar ganti dan shower umum.

Apa yang harus dilakukan?

Meskipun keringat tidak menyebabkan ruam, jamur dapat berkembang dalam kondisi hangat, lembap, dan berkeringat. Berikut, beberapa solusinya seperti diulas Embarrassing Problems:

- Tidak memakai celana ketat.

- Memakai celana katun 100 persen dan bukan kain sintetis.

- Keringkan daerah selangkangan dan sekitar testis dengan hati-hati setelah mandi.

- Turunkan berat badan, apalagi jika perut Anda buncit.

- Jaga kaki Anda untuk terhindar dari athlete's foot.

Jamur juga tumbuh pada kulit yang sedikit rusak. Kerusakan kulit biasanya disebabkan oleh bahan tambahan parfum (aroma) pada sabun, sampo dan shower gel, serta enzim dalam deterjen. Jika ini sebabnya, Anda dapat membantu diri sendiri dengan:

1. Mencuci dengan sabun tidak beraroma

2. Jika Anda mencuci rambut di kamar mandi, jangan biarkan busa sampo turun ke bagian lipatan selangkangan.

3. Jangan menggunakan bubuk cuci mengandung enzim untuk celana dalam Anda.

Beberapa langkah tersebut akan mencegah jamur tetapi mungkin tidak akan menghilangkan. Jadi, kunjungi dokter Anda untuk mendapatkan krim antijamur.

Gatal tanpa ruam

Kadang-kadang daerah pangkal paha bisa sangat gatal tapi tidak ada ruam terlihat. Dalam hal ini, sebabnya bukanlah infeksi jamur. Mungkin kulit Anda sangat sensitif terhadap sabun dan parfum, jadi jangan menggunakan sabun beraroma.okezone

 
Informasi-Informasi Saja Copyright © 2009 - 2013, Designed by Bie Themes