Indonesia Sumbang Sejuta Dollar untuk Chile

Pemerintah Indonesia segera memberikan bantuan senilai US $ 1 juta untuk meringankan beban para korban gempa bumi dan tsunami di Cile. Keputusan sumbangan kemanusiaan tersebut sudah mendapat persetujuan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, setelah Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) mengadakan koordinasi dengan Menteri Luar Negeri dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Menko Kesra H.R. Agung Laksono mengungkapkan hal tersebut Senin (1/3) di ruang kerjanya di Jakarta. “Rencananya besok siang bantuan kemanusiaan ini kami serahkan langsung ke Duta Besar Cile di Jakarta,” katanya.

Gempa bumi yang terjadi pada Sabtu (27/2) dilaporkan telah menewaskan lebih dari 300 orang dan juga juga menimbulkan bencana tsunami di sejumlah pantai wilayah Pacifik. Gelombang tsunami yang menghantam wilayah pantai Cile pasca gempa, dilaporkan media juga bergerak menuju Hawaii, Polinesia, Tonga, Samoa dan sekitaranya.

Menurut Agung, bantuan pemerintah ini salah satu bentuk solidaritas kita terhadap bangsa yang tengah mengalami musibah. “Walaupun di negeri sendiri juga terjadi bencana, namun terhadap orang lain pun kita harus tetap peduli,” katanya seraya menegaskan, koordinasi penanganan bencana longsor di Desa Tenjolaya, dan banjir di sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung, Jawa Barat sudah dilakukan dan tim lapangan terus bekerja dan membantu para korban sesuai kapasitas dan tanggungjawabnya.• VIVAnews


 
Informasi-Informasi Saja Copyright © 2009 - 2013, Designed by Bie Themes