Pertarungan Dua Kekuatan Pendukung SBY

Pansus Angket Century di mata pengamat politik Universitas Indonesia (UI), Arbi Sanit merupakan pertarungan dua kekuatan pendukung SBY. Pansus tersebut tak ubahnya pertarungan antara ilmuwan melawan politisi.

"Kekuatan dua golongan pendukung SBY sedang bertarung. Ilmuwan dan politisi, konflik antara Sri Mulyani dan Boediono (ilmuwan) dengan Ical dan Bambang Soesatyo (politisi)," ujar Arbi Sanit saat berbincang dengan detikcom, Senin (21/12/2009).

Pertarungan tersebut bisa terlihat dengan adanya isu rekaman yang menyebutkan jika ada percakapan antara Sri Mulyani dengan pemilik Bank Century, Robert Tantular.

"Sampai imbauan Pansus agar Boediono dan Sri Mulyani nonaktif adalah bukti adanya pertarungan posisi kekuasaaan tersebut," tambahnya.

Menurut Arbi dua kekuatan tersebut selama ini menjadi pendukung setia SBY, sehingga hanya SBY yang bisa menyelesaikan perseteruan di antara keduanya.

"SBY harus bisa mengambil kebijakan yang efektif. Kebijakan tidak menonkatifkan pembantunya itu sudah efektif karena tidak ada alasan yang tepat untuk itu," tambah pria yang kerap menguncir rambutnya ini.

Arbi juga mengingatkan SBY agar harus selalu berhati-hati dan tidak boleh salah mengambil langkah politik dalam perseteruan tersebut. Karena saat ini mereka akan saling mencari kesalahan lawan masing-masing.

"Mereka tentu akan saling mencari kelemahan satu sama lain. Ini juga bisa berdampak pada SBY jika dia salah perhitungan," pungkasnya. (detik)

 
Informasi-Informasi Saja Copyright © 2009 - 2013, Designed by Bie Themes