Semua hal dalam motor sport ini dirancang benar-benar baru. Tenaga kini diperkirakan menjadi 185 bhp sementara bobot motor turun hingga 10 kg.
Para tim desainer di Kawasaki bahkan harus meracik wujud ZX-10R ini lebih dari tiga tahun dengan melibatkan para insinyur tim MotoGP. Semuanya guna membantu sisi aeroadinamika motor dan juga pemilihan material motor agar tercipta bobot yang lebih ringan.
"Kawasaki juga menerapkan ssitem kontrol traksi dan management mesin ride-by-wire paling canggih yang biasanya diterapkan di balap kelas Superbike," tulis Motorcyclenews, Kamis (30/9/2010).
Sistem Traction Control tersebut dinamakan S-KTRC (Sport-Kawasaki Traction Control). Teknologi ini menawarkan kenyamanan berkendara yang lebih tinggi dibanding motor sport lainnya.
Sebelumnya motor sport 1.000 cc ini sudah terlihat tengah diuji di trek balap Sirkuit Suzuka, Jepang. Pengujian dilakukan selama dua hari pada juli 2010 lalu dengan pengawasan sepenuhnya dari pihak R&D Kawasaki.
Hingga saat ini belum jelas pula kapan ZX-10R bakal resmi dirilis produsen sepeda motor yang kental dengan warna hijau itu termasuk harga yang ditawarkannya.okezone