Associated Content adalah perusahaan media yang mempublikasikan konten-konten artikel besutan penulis freelance yang dibayar sebesar US$ 5 per artikelnya.
Associated Content bergantung pada ribuan penulis freelance untuk menuliskan artikel-artikel, video how-to, tulisan profil orang, atau jenis tulisan lain
"Dengan mengombinasikan tim penyunting kelas dunia yang kami miliki, dengan konten-konten Associated Content, kami akan membuat perubahan," kata Chief Executive Officer (CEO) Yahoo Carol Bartz, dikutip dari situs Wired.
Bartz mengatakan, Yahoo dan Associated Content akan bahu-membahu untuk membuat lebih banyak konten yang diinginkan oleh para pembacanya, sehingga menyediakan lebih banyak pengiklan.
Menurut Silicon Alley Insider, akuisisi Yahoo yang bernilai lebih dari US$ 100 juta itu merupakan strategi baru Yahoo dalam memproduksi konten crowd source berbiaya murah, sama seperti Seed Project milik AOL atau Demand Media.
CEO Associated Content, Patrick Keane, diperkirakan bakal bergabung ke Yahoo mengisi kekosongan posisi di jajaran atas bagian penjualan, yang ditinggalkan oleh Joanne Bradford, yang pindah ke Demand Media, pada Maret lalu.
Dengan akuisisi ini, Yahoo meneguhkan posisinya yang bukan sekadar perusahaan pencarian web, penyedia layanan email, atau pesan instan semata, melainkan juga sebagai perusahaan media dengan teknologi yang canggih.
Kini, Yahoo bisa mengombinasikan berita-berita dan tulisan-tulisan feature besutan staf mereka sendiri dengan artikel-artikel dari para freelancer, sekaligus menyediakan link ke situs lain yang telah dicek kredibiltasnya oleh mesin pencari mereka.
Belum jelas apakah konten-konten Associated Content akan ditarik masuk ke dalam situs Yahoo, atau akan tetap beroperasi sendiri melalui para pengunjung yang mendapatkan konten artikel mereka melalui pengarahan dari mesin pencarian Yahoo.
Menurut data terakhir Comscore, Associated Content selama ini telah berhasil menarik lebih dari 16 juta pengguna unik setiap bulan. Tim editorial Associated Content musti menyunting lebih dari 50 ribu konten dalam sebulan, meliputi artikel-artikel tulisan, foto-foto, audio, serta video.
Dengan 380 ribu penulis freelance-nya, Associated Content dipandang 'lebih canggih' ketimbang Demand Media, karena menggunakan histori pencarian pembaca terhadap topik artikel yang mereka cari, sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan artikel yang hendak mereka buat.
Yahoo sendiri berjanji akan memanfaatkan mesin pencarinya untuk membantu Associated Content mengidentifikasi topik yang diinginkan pembaca maupun pengiklan.