Monza Jadi Wakil Italia di F1 Hingga 2016

Sirkuit Monza, Italia, dipastikan jadi wakil negeri Pizza dalam penyelenggaraan Formula 1. Setelah Kamis 18 Maret 2010 sirkuit ini memperpanjang kontrak sebagai host F1 hingga 2016.

Seperti dilansir Yahoo Sport, perpanjangan kontrak ini sekaligus memutus rumor kalau sirkuit Monza akan diganti oleh street circuit di Roma. Namun Roma tidak usah kecil hati, sebab ada kesepakatan kalau masih mungkin Roma menjadi host acara yang sama. Tapi, kemungkinan itu paling cepat terjadi di tahun 2013.

"Grand Prix Italia akan berada di Monza hingga 2016. Perpanjangan kontrak sudah ditandatangani," kata Chief Operator Sirkuit, Claudio Vigano.

Sirkuit Monza merupakan salah satu sirkuit paling bersejarah dalam F1. Dibangun pada Mei 1922, sirkuit ini dikerjakan oleh 3.500 pekerja. Sebagai salah satu sirkuit tertua, Monza juga memiliki sejarah kelam dengan kematian beberapa pembalap.

Sejarah terburuk terjadi di tahun 1973 di mana terjadi lima kematian di atas Monza. Termasuk dua pembalap motor, Renzo Pasolini dan Jarno Saarinen. Selepas kematian keduanya. Monza sempat absen dalam penyelenggaraan balap motor. Namun di tahun 1981, balap roda dua kembali dilangsungkan di Monza.• VIVAnews

 
Informasi-Informasi Saja Copyright © 2009 - 2013, Designed by Bie Themes