Cegah Kebocoran, Pengamanan Rayon Berlapis

Demi mencegah kebocoran soal ujian akhir nasional atau UAN, pihak Rayon IX Jakarta menerapkan pengamanan berlapis. Polisi pun dikerahkan untuk menjaga ruangan tempat soal disimpan.

"Pengamanan kami kan berlapis. (Soal) kami masukkan ke ruang khusus, lalu pintu pertama kami kunci dan kami segel, pintu kedua kami kunci," ujar Ketua Rayon IX yang juga Kepala SMAN 70 di Jakarta, Minggu (21/3/2010). Soal-soal UAN untuk 28 sekolah di Kecamatan Kebayoran dan Cilandak telah diterima dan disimpan di SMAN 70.

Menurut Pernon, pihaknya juga telah mensosialisasikan kepada siswa dan guru SMAN 70 agar tidak membocorkan soal. "Kami sudah lakukan tindakan preventif untuk guru dan siswa juga. Ini kan rahasia negara. Kalau membocorkan, ini kriminal," katanya.

Dia optimistis, pihak sekolah, baik guru maupun murid, tidak akan membocorkan soal. "Kalau sampai hari ini kecil ada kebocoran karena pengamanan berlapis dan tindakan preventif," imbuhnya.

Pantauan Kompas.com, di SMUN 70 Jakarta, panitia pelaksana UAN sibuk mengatur kedatangan soal dan menyimpan soal-soal UAN. Dua petugas kepolisian terlihat berjaga di depan ruang penyimpanan soal.[kompas]

 
Informasi-Informasi Saja Copyright © 2009 - 2013, Designed by Bie Themes